Kegiatan guru di dalam kelas
meliputi dua hal pokok yaitu kegiatan mengajar dan kegiatan manajerial (Depdikbud, 1983:9)
oleh M. Entang dan T. Raka Joni (1983). Kegiatan mengajar dimaksudkan secara langsung menggiatkan peserta didik mencapai tujuan-tujuan
pelajaran. Kegiatan mengajar antara lain seperti menelaah kebutuhan peserta didik, menyusun
rencana pelajaran, menyajikan
bahan, mengajukan pertanyaan, menilai kemajuan siswa. Kegiatan manajerial. kelas bermaksud menciptakan
dan mempertahankan suasana kelas agar kegiatan mengajar dapat berlangsung secara efektif dan efisien.
Kegiatan manajerial antara
lain seperti mengembangkan hubungan yang baik antara guru dan peserta didik, memberi ganjaran
dengan segera, mengembangkan aturan permainan dalam
kegiatan kelompok, penghentian tingkah laku peserta didik yang menyimpang atau tidak sesuai dengan tata
tertib. Dengan demikian, dalam proses
belajar mengajar di sekolah dapat dibedakan adanya dua kelompok masalah yaitu masalah pengajaran dan masalah
manajemen kelas.
Banyak guru yang kurang mampu membedakan
masalah pengajaran dan masalah manajemen kelas, sehingga pemecahannya pun
menjadi kurang tepat. Masalah
manajemen kelas harus ditanggulangi dengan tindakan korektif, sedangkan masalah pengajaran harus
ditanggulangi dengan tindakan pembelajaran. Sebaliknya, hubungan antar pribadi (interpersonal) yang baik antara guru dan
siswa, antara siswa dan siswa (suatu petunjuk keberhasilan manajemen kelas) tidak dengan sendirinya menjamin proses belajar mengajar akan menjadi
efektif. Berkaitan dengan hal tersebut maka manajemen kelas merupakan prasyarat mutlak
bagi terjadinya proses belajar
mengajar yang efektif (M.Entang dan T. Raka Joni, 1983).
Walaupun istilah mengajar (teaching) dan pengajaran (instruction) sering digunakan searti, adalah sangat berguna
apabila memandang mengajar sebagai stsuatu yang memiliki dua dimensi yang saling berhubungan: pengajaran
dan manajemen. Pengajaran
dan manajemen dapat dibedakan, tetapi dalam petaksanaan
pembelajaran keduanya sulit dipisahkan. Manajemen bermaksud menegakkan dan memelihara perilaku siswa menuju
pembelajaran yang efektif dan efisien — memudahkan
pencapaian tujuan manajerial. Pengajaran dan manajemen keduanya bertujuan menyiapkan atau memproses — yaitu memproses atau menyiapkan perilaku-perilaku guru yang
diharapkan memberi kemudahan kepada
pencapaian tujuan tertentu (Webe, 1993:1).
Di bawah ini, adalah gambaran proses pengajaran
dan proses manajerial yang masing-masing meliputi
empat proses.
- Mengidentifikasi tujuan pengajaran
- Mendiagnose keberhasilan siswa
- Merencanakan dan menerapkan aktivitas pengajaran
- Mengevaluasi keberhasilan siswa
- Menetapkan tujuan manajerial
- Menganalisis kondisi yang ada
- Memilih dan menerap kan strategi manajerial
- Menilai efektivitas manajerial
Best 10 Casino Restaurants in Washington, D.C. - Mapy
BalasHapus› food › america-food-d › food 안동 출장샵 › america-food-d Top 10 Restaurants in Washington, 상주 출장안마 D.C. · 통영 출장마사지 Harrah's Cherokee · Harrah's Cherokee 경주 출장샵 Casino Resort · Caesars Palace Hotel & 충청남도 출장마사지 Casino · Harrah's Cherokee Casino