Rabu, 02 Maret 2016

MENGAJAR DAN MANAJEMEN KELAS

Kegiatan guru di dalam kelas meliputi dua hal pokok yaitu kegiatan mengajar dan kegiatan manajerial (Depdikbud, 1983:9) oleh M. Entang dan T. Raka Joni (1983). Kegiatan mengajar dimaksudkan secara langsung menggiatkan peserta didik mencapai tujuan-tujuan pelajaran. Kegiatan mengajar antara lain seperti menelaah kebutuhan peserta didik, menyusun rencana pelajaran, menyajikan bahan, mengajukan pertanyaan, menilai kemajuan siswa. Kegiatan manajerial. kelas bermaksud menciptakan dan mempertahankan suasana kelas agar kegiatan mengajar dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Kegiatan manajerial antara lain seperti mengembangkan hubungan yang baik antara guru dan peserta didik, memberi ganjaran dengan segera, mengembangkan aturan permainan dalam kegiatan kelompok, penghentian tingkah laku peserta didik yang menyimpang atau tidak sesuai dengan tata tertib. Dengan demikian, dalam proses belajar mengajar di sekolah dapat dibedakan adanya dua kelompok masalah yaitu masalah pengajaran dan masalah manajemen kelas.
Banyak guru yang kurang mampu membedakan masalah pengajaran dan masalah manajemen kelas, sehingga pemecahannya pun menjadi kurang tepat. Masalah manajemen kelas harus ditanggulangi dengan tindakan korektif, sedangkan masalah pengajaran harus ditanggulangi dengan tindakan pembelajaran.  Sebaliknya, hubungan antar pribadi (in­terpersonal) yang baik antara guru dan siswa, antara siswa dan siswa (suatu petunjuk keberhasilan manajemen kelas) tidak dengan sendirinya menjamin proses belajar mengajar akan menjadi efektif. Berkaitan dengan hal tersebut maka manajemen kelas merupakan prasyarat mutlak bagi terjadinya proses belajar mengajar yang efektif (M.Entang dan T. Raka Joni, 1983).
Walaupun istilah mengajar (teaching) dan pengajaran (instruction) sering digunakan searti, adalah sangat berguna apabila memandang mengajar sebagai stsuatu yang memiliki dua dimensi yang saling berhubungan: pengajaran dan manajemen. Pengajaran dan manajemen dapat dibedakan, tetapi dalam petaksanaan pembelajaran keduanya sulit dipisahkan. Manajemen bermaksud menegakkan dan memelihara perilaku siswa menuju pembelajaran yang efektif dan efisien — memudahkan pencapaian tujuan manajerial. Pengajaran dan manajemen keduanya bertujuan menyiapkan atau memproses — yaitu memproses atau menyiapkan perilaku-perilaku guru yang diharapkan memberi kemudahan kepada pencapaian tujuan tertentu (Webe, 1993:1).

Di bawah ini, adalah gambaran proses pengajaran dan proses manajerial yang masing-masing meliputi empat proses.
  • Mengidentifikasi tujuan pengajaran
  • Mendiagnose keberhasilan siswa
  • Merencanakan dan menerapkan aktivitas pengajaran
  • Mengevaluasi keberhasilan siswa
  • Menetapkan tujuan manajerial
  • Menganalisis kondisi yang ada
  • Memilih dan menerap kan strategi manajerial
  • Menilai efektivitas manajerial

1 komentar:

  1. Best 10 Casino Restaurants in Washington, D.C. - Mapy
    › food › america-food-d › food 안동 출장샵 › america-food-d Top 10 Restaurants in Washington, 상주 출장안마 D.C. · 통영 출장마사지 Harrah's Cherokee · Harrah's Cherokee 경주 출장샵 Casino Resort · Caesars Palace Hotel & 충청남도 출장마사지 Casino · Harrah's Cherokee Casino

    BalasHapus